Cara Sukses Ternak Kelinci Pedaging Untung Jutaan Rupiah

Cara-Sukses-Ternak-Kelinci-Pedaging-Untung-Jutaan-Rupiah

Sukses dengan menggeluti sebuah bisnis mungkin menjadi salah satu dambaan bagi orang banyak. Salah satu bisnis yang bisa dijalani dan terbukti menghasilkan untung hingga jutaan rupiah ialah dengan ternak kelinci pedaging.

Tentunya beternak kelinci pedaging membutuhkan keuletan dan juga pengetahuan mengenai bagaimana beternak kelinci pedaging yang baik supaya bisa sukses dan berjaya dalam ternak kelinci pedaging ini.

Bagi calon peternak kelinci pedaging mungkin masih sedikit bingung mengenai gambaran ternak kelinci yang baik. Oleh sebab itu kami menyediakan artikel sederhana ini untuk kebutuhan informasi atau bisa dijadikan penambah pengetahuan bagi kamu yang ingin serius menggeluti bisnis ternak kelinci supaya  sukses dan mendapatkan keuntungan hingga jutaan rupiah yaitu:

Tips Sukses Ternak Kelinci Pedaging

  1. Pemilihan Bibit

Untuk langkah awal sebelum kamu beternak kelinci pedaging ialah dengan pemilihan bibit unggul dari kelinci pedaging. Bibit kelinci unggul nantinya akan menentukan kualitas dan keberhasilan yang akan kamu dapatkan.

Pilihlah bibit kelinci pedaging dengan yang memiliki kondisi badan sehat baik fisik dan batin, tidak ada cacat, tidak sedang sakit.

  1. Tempat dan Kandang Kelinci

Berikutnya setelah kamu  memiliki kelinci pedaging ada juga harus memiliki kandang untuk kelinci itu sendiri. Buatlah kandang kelinci pedaging dengan lingkungan yang aman dari binatang seperti kucing, tikus dsb.

Kamu bisa meletakkan kandang kelinci pedaging di belakang rumah kamu dengan jarak sekitar 5 meter dari rumah. Bentuk kandang kelinci sebenarnya bisa dibuat sesuka hati yang penting kandang harus nyaman untuk kelinci, selain memberikan kenyamanan, keamanan untuk kelinci juga harus diperhatikan, sehingga kelinci dapat berkembang dengan baik.

  1. Pakan Untuk Kelinci

Kelinci pedaging membutuhkan asupan gizi yang cukup sehari-harinya. Maka dari itu, sebagai pemilik kelinci yang baik seharusnya kamu dapat memberikan pakan yang bermutu dan baik untuk kelinci.

Jenis pakan untuk kelinci pedaging ialah hijauan seperti kangkung, dll. Kamu juga dapat menambahkan pakan pabrikan untuk menunjang bobot kelinci supaya lebih cepat gemuk dengan memberinya pakan berupa konsentrat pedaging khusus kelinci.

  1. Pola Pemberian Pakan Kelinci

Pemberian pakan untuk kelinci diberikan secara teratur akan lebih bagus. Bisa juga bila pemberian pakan pada kelinci diberikan jadwal khusus.

Hal tersebut untuk menjaga kesehatan kelinci dan ketahanan tubuh kelinci itu sendiri. Dengan pemberian pakan yang terjadwal akan membuat kelinci merasa nyaman tinggal di kandang dan tentunya gizinyapun akan terpenuhi.

Untuk pemberian pakan pada kelinci pada umumnya diberikan 2-3 kali dalam satu hari. Karena bila diberikan satu kali saja dengan jumlah yang banyak maka akan menjadikan kelinci tidak memakan semua pakan tersebut karena sudah tidak fresh lagi.

  1. Selalu menjaga kebersihan kandang

Untuk mendapatkan kelinci pedaging yang selalu sehat dan sanggup berkembang dengan baik, maka kamu  perlu menjaga kebersihan kandangnya.

Dalam membersihkan kandang kelinci kamu  bisa menyapu dan membersihkan kotoran dan sisa-sisa makanan yang ada di dalam kandang maupun di bawah kandang kelinci.

Penyakit yang umumnya menyerang pada kelinci biasanya datang dari kotorannya, sebuah kandang yang mengundang banyak bakteri dan virus dan lama-kelamaan akan menjangkiti kelinci pedaging kamu.

Hal inilah yang bisa menyebabkan cepatnya penyebaran penyakit dalam suatu kandang kelinci, bisa terjadi dengan cepat bila kebersihan tidak selalu kita perhatikan.