Manfaat Jambu Air Untuk Ibu Hamil

Manfaat Jambu Air Untuk Ibu Hamil

Jambu air merupakan salah satu jenis buah favorit kebanyakan ibu hamil. Rasanya sangat segar serta memiliki tekstur renyah yang nikmat.

Ibu hamil kebanyakan senang mengonsumsi rujak buah dan jambu air adalah buah wajib yang ada di dalamnya, boleh saja mengonsumsi buah dengan kandungan air melimpah ini.

Hanya saja sebelum dikonsumsi pastikan kondisinya sudah bersih dari kuman serta tidak ada ulat atau parasit di dalamnya. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari jambu air untuk ibu hamil.

Banyak manfaat bisa Anda dapatkan untuk ibu hamil serta janin. Di dalam jambu air, Anda bisa mendapatkan berbagai mineral alami, vitamin C, A dan E, hingga elektrolit.

Kandungan airnya yang tinggi sangat efektif untuk menenangkan pikiran dan mencegah dehidrasi selama kehamilan.

Mengonsumsi jambu air bisa menjadi alternatif jika Anda bosan dengan buah-buahan yang itu-itu saja. Nah, bagi yang penasaran apa saja manfaatnya, berikut ini ulasan selengkapnya.

Berbagai Manfaat Jambu Air Untuk Ibu Hamil

  1. Melancarkan peredaran darah

Jambu air memiliki kandungan air yang tinggi. Kandungan air tersebut bermanfaat untuk mengoptimalkan peredaran darah.

Selain itu riboflavin yang ada di dalamnya efektif untuk mencegah resiko penumpukan kolesterol. Peredaran darah yang lancar tentu akan membuat aliran nutrisi serta oksigen yang diterima janin menjadi optimal. Kesehatan ibu hamil pun menjadi lebih baik dengan kondisi peredaran darah yang lancar.

  1. Menjaga kekuatan sistem imun

Di dalam jambu air terdapat vitamin C dan potassium yang efektif untuk menjaga kekuatan sistem imun Anda. sistem imun akan menjadi lebih kuat dalam menahan serangan bakteri serta virus berkat konsumsi jambu air secara teratur.

Buah dengan berbagai varian ini bisa menjadi alternatif asupan vitamin C dan antioksidan dari jenis buah lainnya.

  1. Memelihara organ pencernaan

Di dalam jambu air terkandung serat, vitamin C dan air dalam jumlah besar. Nutrisi tersebut bermanfaat untuk memelihara organ pencernaan.

Sebagaimana diketahui bahwa ibu hamil sangat rentan terganggu organ pencernaannya. Maka dari itu, mengonsumsi jambu air bisa menjadi salah satu solusi agar pencernaan menjadi lebih lancar dan kesehatan ibu hamil pun lebih terjaga.

  1. Memelihara saluran kemih

Kandungan air serta berbagai mineral di dalam jambu air juga efektif sebagai pemelihara saluran kemih. Kandungan kemih yang bekerja optimal membuat proses pembuangan racun menjadi lebih lancar.

Racun pun tidak banyak mengendap di dalam tubuh. Efeknya sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh selama kehamilan. Untuk janin pun bisa tumbuh lebih sehat tanpa khawatir terkena infeksi.

  1. Mencegah dari dehidrasi

Jambu air memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Kandungan air tersebut sangat efektif sebagai pencegah dehidrasi selama kehamilan.

Morning sickness, kelelahan, dan berbagai faktor lain bisa menyebabkan ibu hamil mengalami dehidrasi. Cegah dengan rajin minum air putih serta mengonsumsi aneka jenis buah yang kaya air, salah satunya buah jambu biji ini.

Itu dia beberapa manfaat dari jambu air yang bisa Anda konsumsi selama kehamilan. Jangan lupa cuci terlebih dulu buah jambu air yang hendak dikonsumsi. Semoga bermanfaat.