Vitamin Yang Diperlukan Ibu Hamil di Trimester Tiga

vitamin-untuk-ibu-hamilDi trimester ketiga, asupan vitamin perlu anda peroleh secara lebih maksimal. Perkembangan janin yang kian besar memerlukan asupan vitamin yang lebih banyak. Terlebih untuk ibu hamil sendiri yang bersiap melahirkan.

Tentu saja kebutuhan asupan nutrisi secara lebih banyak juga diperlukan. Bagi yang ingin mendapatkan kehamilan yang sehat sampai melahirkan tentu saja asupan vitamin yang cukup mesti anda penuhi. Anda mesti tahu apa saja jenis vitamin yang diperlukan di akhir kehamilan.

Proses persalinan menjadi lebih lancar dan bayi bisa lahir dalam kondisi yang sehat. Jenis vitamin yang bisa anda konsumsi ini berasal dari berbagai macam makanan sehat di sekitar kita. Misalnya sayuran, aneka buah, daging, susu, sampai sinar matahari pagi juga efektif dalam menyumbangkan vitamin D.

Untuk anda yang sudah memasuki kehamilan di trimester ketiga, cobalah penuhi asupan vitamin lebih optimal lagi. berikut ini beberapa jenis vitaminnya yang bisa anda ketahui.

Berbagai Vitamin Untuk Ibu Hamil Trimester Tiga

  1. Vitamin B kompleks

Di tahap akhir kehamilan, kebutuhan vitamin B kompleks lebih besar. Vitamin tersebut akan merubah karbohidrat menjadi energi sehingga ibu hamil memiliki energi cukup dalam mempersiapkan persalinan.

Selain itu, vitamin tersebut juga bermanfaat agar organ tubuh janin memiliki perkembangan lebih maksimal. Resiko cacat lahir pun lebih ditekan jika mengonsumsi vitamin yang ada pada aneka sayuran dan kacang-kacangan ini secara teratur.

  1. Vitamin C

Fungsi vitamin C untuk ibu hamil di trimester akhir agar bayi lahir sempurna karena pertumbuhan selnya lebih optimal. Jenis vitamin yang banyak terdapat di buah-buahan berwarna cerah ini juga baik untuk melawan infeksi.

Sebagaimana diketahui bahwa ibu hamil sangat rentan terhadap berbagai infeksi. Hipertensi, preeklampisa, hingga retensi cairan pun bisa dicegah dengan asupan vitamin C yang cukup.

  1. Vitamin D

Vitamin D bisa anda dapatkan dari sinar matahari pagi serta berbagai macam jenis sayuran hijau. Di trimester akhir, asupan vitamin tersebut penting untuk mencegah resiko kerapuhan tulang.

Selain itu, gangguan kehamilan seperti preeklampsia, diabetes, dan lain-lain juga bisa dicegah jika asupan vitamin D nya mencukupi. Anda bisa berjemur di pagi hari atau jalan-jalan untuk mendapatkan sinar matahari pagi.

  1. Vitamin E

Di dalam vitamin E terkandung senyawa antioksidan yang bermanfaat mendukung perkembangan sel tubuh. Sistem kekebalan tubuh pun lebih optimal berkat asupan vitamin E yang cukup.

Selain itu, perkembangan kulit, jaringan mata, dan berbagai perkembangan lainnya pada janin juga lebih optimal dengan asupan vitamin E yang cukup. Anda bisa mendapatkan jenis vitamin ini pada minyak zaitun, aneka sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

  1. Vitamin K

Vitamin K bermanfaat agar ibu hamil di trimester akhir tidak mengalami pendarahan setelah persalinan. Proses pembekuan darah menjadi lebih optimal dengan asupan vitamin K yang cukup.

Sel darah merah akan terbentuk lebih cepat dan aliran darahnya sendiri akan lebih mudah membeku sehingga bisa meminimalisir terjadinya pendarahan. Vitamin K sendiri banyak terdapat pada sawi, kangkung, selada hijau, hingga susu.

Demikian beberapa jenis vitamin yang baik untuk usia kehamilan trimester akhir. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu memperhatikan asupan nutrisi anda selama kehamilan.